Senin, 25 November 2019

Tutorial : Menyalakan dan Mematikan Komputer dengan Baik dan Benar





Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabaraktuh.
Apa kabar Sobat? Semoga sehat dan selalu dalam lindungan-Nya, aamiin

Kali isi saya akan berbagi tentang Cara Menyalakan dan Mematikan Komputer dengan Baik dan Benar meskipun terdengar remeh, namun ini sangat penting. Sobat sekalian harus tau kaidah dan tata cara menyalakan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur yang bak dan benar karena komputer mempunyai aturan sendiri dalam menghidupkan maupun mematikannya, hal ini bertujuan agar komputer sobat sekalian awet dan meminimalisir kerusakan akibat salah dalam penggunaannya. Sebenarnya hal ini sangatlah mudah untuk melakukannya hanya saja sobat harus memperhatikan beberapa hal, untuk itu cus langsung kita bahas saja caranya.

Langkah-Langkah Menghidupkan dan Mematikan Komputer Dengan Benar

Langkah - langkah Menghidupkan Komputer
  1. Pastikan kabel-kabel pada komputer sudah terpasang dengan benar, apabila belum dan anda tidak paham mengenai perkabelan cobalah tanya ke orang yang paham atau anda bisa cari tutorialnya di Internet wkwk.
  2. Hidupkan Stabilizer tegangan jika anda punya (Sunnah).
  3. Hidupkan monitor dengan menekan tombol power pada monitor, biasanya terletak di pojok bawah.
  4. Hidupkan CPU dengan menekan tombol power pada CPU.
  5. Tunggu hingga proses Boooting selesai sampai muncul layar desktop.
  6. Jangan lupa pasang keyboard dan mouse untuk penggunaan komputer.
  7. Komputer sudah siap di pakai.
Kasalahan dalam Menghidupkan Komputer
  1. Kabel tidak terpasang dengan benar, Hal tersebut sangat penting karena kesalahan dalam pengkabelan dapat menyebabkan korsleting listrik yang dapat menyebabkan kerusakan pada komponen dan lebih parahnya dapat menyebabkan kebakaran
  2. Terlalu barbar dalam menyalakan komputer, biasanya sering dilakukan oleh orang yang tidak menyayangi benda, karena terlalu barbar dalam menyalakan komputer dapat menyebabkan rusaknya tombol power.
  3. Sistem Operasi belum terinstall, OS atau Operating System sangat penting karena tanpa OS komputer tidak dapat digunakan sebagai mana mestinya.
Langkah - langkah Mematikan Komputer Windows
  1. Pastikan Komputer dalam keadaan menyala
  2. Tutup semua aplikasi yang berjalan
  3. Klik menu start yang berada di pojok kiri dengan logo windows.
  4. Pilh Shutdown.
  5. Klik OK
  6. Atau dengan menggunakan shortcut Alt+F4 sampai muncul kotak dialog
  7. Pilih "Shutdown"
  8. Klik "OK"
Kesalahan Dalam Mematikan Komputer
  1. Langsung mematikan komputer dengan menekan tombol power pada CPU, dalam keadaan darurat hal ini boleh dilakukan seperti saat komputer nge-Hang, namun jika hal ini dilakukan terus menerut maka akan berakibat rusaknya komponen dan softwarenya
  2. Langsung mencabut sumber daya, hal ini lebih parah lagi dari yang atas, jika anda sering melakukan ini maka anda sangat barbar.
  3. Mematikan komputer dalam keadaan komputer mati, wkwk.

Sekian Tutorial dari saya semoga bermanfaat dan dapat menghibur hehe. Apabila ada sumur di ladang boleh saya menumpang cuci kaki, apa bila ada timun di ladang boleh saya meminta lagi wkwk

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

0 komentar:

Posting Komentar